Sabtu, 23 April 2011

Benih Pohon Jabon Super

Pohon Jabon, sekilas tentang Benih "SUPER"-nya


Pohon Jabon, kehebatan dan kelebihan pohon jabon melejit begitu cepat beberapa saat terakhir ini, begitu banyak masyarakat yang mencari benih Jabon, bibit Jabon dan kayu Jabon sekarang ini. Masih sangat baru mungkin dibandingkan para pendahulunya seperti Sengon. Beberapa tahun lalu, kita masih sangat akrab dengan istilah Sengon, Albasia, Jeunjing, Alba, Albiso, Albu, dan berbagai sebutan lain yang secara berbeda nama tetap menuju ke salah satu jenis pohon kayu jenis cepat tumbuh yang memiliki nama latin Falcataria Moluccana atau orang lebih mengenal Paraserianthes falcataria.

Pohon Jabon kini muncul sebagai fenomena baru di bisnis Agro, sebagai pohon yang mampu dan sangat layak menggantikan Sengon sebagai pemasok bahan baku kayu, dengan kelebihannya yang cepat tumbuh dan memiliki batang lurus silindris.

Jabon (Anthocephalus cadamba) ketenarannya tidak dapat dipungkiri lagi saat ini, namun sungguh disayangkan, ditengah munculnya antusiasme masyarakat luas menanam pohon Jabon, ia dimanfaatkan oleh sebagian pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, untuk mengambil keuntungan sepihak.

Sebut saja contoh, dengan menjual benih Jabon aspal. Ditawarkan dengan harga yang sangat murah dan menggoda dengan hasil yang mencapai ratusan juta rupiah, benih ini ditawarkan dan banyak pembeli yang sudah menjadi korbannya. Coba Anda lihat foto benih Jabon berikut ini:

Foto Benih Pohon Jabon Palsu vs. SUPER

Benih Jabon bagian kiri: AMPAS dari buah Pohon Jabon sisa dari pembersihan

Benih Jabon bagian kanan: Benih berupa biji halus dari pohon Jabon, yang sebenarnya sudah dipisahkan dengan bagian-bagian buahnya.






Benih Jabon dalam bentuk kasar ini memang benar adalah buah dari Pohon Jabon, hanya saja ini sebenarnya adalah ampas dari buah, dimana proses pembersihan sudah memisahkan biji-biji halus dengan kotoran / dedak buah ini. Kami tidak menyangkal bahwa tidak ada biji sama sekali dalam ampas ini, masih sangat mungkin dalam satuan yang sangat sedikit masih terkandung biji.




Benih Jabon tampak halus merupakan satuan biji dari Pohon Jabon, warnanya tampak hitam atau coklat tua. Dari biji sebesar inilah pohon Jabon Anda akan tumbuh dan memberikan keuntungan yang luar biasa. Meskupin masih sedikit terbawa dedak atau kotoran dalam benih ini namun tidak akan menjadi akumulasi yang signifikan mempengaruhi bobot benih secara keseluruhkan.

FAKTA BENIH POHON JABON!
Menurut DAFTAR STANDAR MUTU BENIH BEBERAPA JENIS TANAMAN HUTAN YANG DIUSULKAN MENJADI STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI)”, benih Pohon Jabon (Anthocephalus cadamba):

1. Persen kecambah rata-rata = - (belum terukur)
2. Berat rata-rata 1000 butir biji = 0,038 – 0,056 gr
3. Kemurnian = - (belum terukur)
4. Kadar air = 8 – 9 %

Dengan demikian dapat Anda bayangkan betapa kecilnya dan halusnya biji dari Pohon Jabon ini, mari kita hitung:
- Berat 1 butir biji Jabon diperkirakan = ( (0,038+0,056)/2 ) /1000 = 0,000046 gr
- Jika 1000 gr (1 kg) maka akan mengandung sebanyak = 1000 / 0,000046 = 21.739.130 butir biji
Namun karena banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya sangat sulit untuk memisahkan biji dengan dadak buah, dan tingkat ketahanan benih yang rendah, maka dalam 1 kg taburan hanya akan mampu menghasilkan secara optimal sebanyak 2.200.000 bibit pohon Jabon saja.

Jaminan Mutu Produk ASA Forestry

Produk benih JABON SUPER dari ASA Forestry tidak akan mengecewakan, karena kami tidak menyediakan benih Jabon dalam bentuk ampas seperti yang dijelaskan diatas. Berikut ini adalah produk resmi Benih JABON SUPER yang kami sediakan



Mulai April 2011 ini, Produk Kami selalu disertai CD Panduan, berupa movie / film durasi pendek tentang penyemaian Jabon. Beberapa jenis produk yang kami tawarkan adalah sbb.:

1. Benih Jabon Super 25 gr

2. Benih Jabon Super 50 gr
3. Benih Jabon Super 100 gr
4. Benih Jabon Super 200 gr
5. Benih Jabon Super 250 gr
6. Benih Jabon Super 500 gr
7. Benih Jabon Super 1000 gr
Produk terbanyak diminati :
  • Benih Jabon Super 50 gram
tags: pohon jabon, jual benih jabon, jual biji jabon, jual bibit jabon, bibit jabon sosis, Anthocephalus Cadamba, pohon jabon merah, bibit jabon merah, benih jabon merah, pohon jabon merah, biji jabon merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar